sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id realme
Jumat, 09 Feb 2018 15:29 WIB

Oppo masih raja ponsel pintar selfie Indonesia

Bukan tanpa alasan Oppo fokus ke pasar selfie di Indonesia.

Oppo masih raja ponsel pintar selfie Indonesia

Salah satu ceruk dalam pasar smartphone yang disasar banyak vendor adalah selfie. Di Indonesia, misalnya, kita mengenal Oppo dan Vivo yang agresif di pasar tersebut. Oppo yang kini menguasai pasar selfie di Indonesia mengatakan, Asia Tenggara memang didominasi pengguna yang gemar selfie.

Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto di acara peluncuran Oppo F5 Dashing Blue (9/2), mengatakan, "Terutama di Asia Tenggara, selfie merupakan pasar yang sangat besar. Indonesia punya penduduk paling banyak, jadi pasarnya sudah pasti sangat besar juga," ujarnya.

Aryo juga mengatakan, media sosial merupakan salah satu faktor yang membuat tren selfie digemari di Indonesia. Melihat penggunaannya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna terbanyak dan paling aktif di media sosial. Hal tersebut secara langsung membuat smartphone selfie semakin laris.

Menurut data terakhir IDC, Oppo menempati peringkat kedua dalam hal penjualan smartphone di Indonesia. Menariknya, sebagian besar penjualan Oppo berasal dari smartphone selfie.

"Sebagian besar penjualan kita memang dari smartphone selfie, dan itu menunjukkan betapa besar pasar selfie di Indonesia," ujar Aryo.

Hal tersebut juga yang membuat Oppo harus menimbang matang-matang jika ingin merilis smartphone flagship-nya, yaitu seri R di Indonesia. Pasalnya, smartphone Oppo sudah sangat erat dengan selfie. Bahkan tagline baru Oppo saat ini adalah "Selfie Expert and Leader".

Selain itu, Oppo Indonesia memiliki strategi bisnis yang tergolong unik. Mereka memilih untuk fokus ke pasar selfie dan belum berencana untuk melakukan ekspansi ke pasar lainnya, terutama pasar smartphone flagship yang masih dikuasai Samsung.

Oppo Indonesia juga tidak ingin menghadirkan banyak seri smartphone. Sebagai gantinya, mereka justru lebih suka menghadirkan varian yang lebih banyak, seperti Oppo F5 Dashing Blue yang masih merupakan varian dari smartphone F5. Bedanya dengan Oppo F5 biasa hanya pada variasi warnanya saja.

Marketing Director Oppo Indonesia, Allina Wexin mengatakan, ”Kami tidak mau menghadirkan banyak varian smartphone, karena itu membuat konsumen bingung. Tahun ini, kita masih fokus di selfie," katanya.

Oppo memegaskan, F5 Dashing Blue merupakan hasil survei pengguna yang memang menginginkan warna tersebut. Tidak heran jika pengiriman pertamanya diklaim sudah habis terjual sebanyak 80 persen dari seribuan unit yang dipasarkan sejak 3 Februari kemarin.

Tampaknya, Oppo memang sangat mengenali ceruk pasarnya yang sangat besar tersebut. Pengguna smartphone selfie di Indonesia memang tidak menuntut hadirnya teknologi canggih terbaru. Mereka hanya ingin foto selfie-nya terlihat cantik dan tampilan smartphone-nya beda dari yang lain.

Share
×
tekid
back to top