Patch 3.05 Varolant Episode 3 Act II: map baru, battle pass, dan update skill
Update terbaru Valorant resmi dirilis kemarin, ada beberapa perubahan dan hal baru yang harus kamu tahu sebelum kembali bermain.
Update patch 3.05 gim Varolant Episode 3 Act II akhirnya resmi dirilis pada 9 September 2021. Pada update ini, Riot Games menghadirkan banyak hal baru yang bisa dinikmati oleh pemain. Salah satunya adalah map baru bernama Fracture.
Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, map Fracture memiliki desain yang unik yaitu layout berbentuk H yang membelah lurus ke tengah. Map ini menampilkan dua kondisi yang berbeda yang dipisahkan oleh retakan yang diakibatkan pergeseran waktu. Di satu sisi, map menampilkan bangunan dengan iklim gurun gersang, namun di sisi yang lain justru terlihat lebih subur dengan hutan yang hijau.
Saat bermain di map ini, Attacker akan muncul di dua sisi peta sementara Defender akan muncul di tengah. Hal ini merupakan mekanisme baru yang ditawarkan Riot pada map Fracture.
Tidak hanya map baru, patch 3.05 juga menghadirkan beberapa pembaruan seperti perubahan skill pada Agent, mode Competitive, hingga perbaikan bug. Simak penjelasan di bawah berikut!
Pembaruan pada Agent
Breach
Aftershock (C), kini dapat memberikan damage pada :
- Killjoy Alarm Bot
- Killjoy Nanoswarm
- Killjoy Lockdown
- Cypher Tripwire
- Reyna Leer
- Sage Barrier Orb
- Sova Recon Bolt
- KAY/O Zero/Point
Brimstone
Orbital Strike (X), kini dapat memberikan damage pada :
- Killjoy Nanoswarm
- Cypher Trapwire
- Sage Barrier Orb
- Sova Recon Bolt
- KAY/O Zero/Point
Sova
Hunter’s Fury (X), kini dapat memberikan damage pada :
- Killjoy Nanoswarm
- Cypher Trapwire
- Sage Barrier Orb
- Sova Recon Bolt
- KAY/O Zero/Point
Killjoy
Turret
Turret adalah skill serbaguna yang dapat memberikan informasi, memberikan damage, dan serta membuat lawan slow ketika terkena tembakan. Selama ini pada awal match di mana agent hanya memiliki pistol, Turret bisa jadi andalan dengan damage, kecepatan tembak dan efek lambatnya. Ini membuat lawan jadi sulit untuk melumpuhkannya. Perubahan ini bertujuan untuk sedikit mengurangi kemampuan Turret untuk menghambat serangan, dan memberikan lebih banyak opsi kepada lawan.
- Efek lambat saat terkena peluru berkurang dari 72,5% menjadi 29,5%
Raze
Boom Boot (C)
Kemampuan Boom Bots untuk menemukan, dan melacak lawan, merpuakan pilihan terbaik untuk melakukan serangan, terutama pada awal match. Riot mengurangi damage boom bot, namun juga mengurangi harganya. Bagi gamer yang memainkan Raze sebagai agent andalan harus menyesuaikan perubahan ini.
- Maksimal damage berkurang dari 125 menjadi 80
- Minimal damage berkurang dari 50 menjadi 30
- Cost berkurang dari 400 menjadi 300
Pembaruan pada Mode Competitive
- Peringkat Immortal 1/2/3 telah kembali, Leaderboard akan diperbarui untuk membedakan pemain di tiap tingkat Immortal.
- Pembaruan pembatasan kelompok Ranked untuk mendukung kembalinya peringkat Immortal 1/2/3.
- Diamond 1 --> Immortal 1
- Diamond 2 --> Immortal 2
- Diamond 3 --> Immortal 3
- Penyesuaian distribusi pada peringkat Competitive.
- Queue khusus Fracture.
- Queue merupakan mode Unrated standar yang memberikan kesempatan bagi pemain untuk latihan di Fracture sebelum memainkannya di mode Competitive.
- Queue Fracture akan hadir selama dua minggu, setelah itu Fracture akan hadir di mode lain termaksud Competitive.
Pembaruan pada Progression
- Bonux XP Premium Battlepass
- Upgrade ke Premium Battlepass dapat menaikkan XP sebesar 3% pada tier Battlepass untuk semua mode hingga akhir dari Act II.
- Hal ini tidak bersifat retroaktif, jadi peningkatan lebih awal akan memberikan akses ke sejumlah XP yang besar kepada pemain.
- XP yang naik tidak berlaku untuk Daily dan Weekly Missions.
Pembaruan Sosial
- Pembaruan pada ‘AFK detection logic’ untuk mencegah pemain dari farming Battlepass atau Account Levels dengan cara AFK di mode seperti Deathmatch dan Snowball Fight.
- Pembaruan Perfoma
- Pembaruan perhitungan ping untuk meniaga frame server time.
- Pembaruan penanda yang digunakan oleh NVIDIA Reflexx
- NVIDIA Reflex berfungsi mengurangi dan menghitung rendering latency. Pembaruan ini memungkinkan Reflex untuk meningkatkan kecepatan frame.
Bugs
Agent
- Perbaikan bug di mana tumpukan asap Viper yang digunakan oleh tim kawan dan lawan dapat mengurangi jarak pandang dan kerusakan tidak bisa regen.
- Perbaikan bug di mana Omen dapat terjebak di objek lain jika objek itu menghalangi lokasi kembali dari From of Shadows.
- Omen tidak akan lagi memasang senjatanya dengan lambat setelah memakai Dark Cover.
- Astra tidak akan lagi memasang senjatanya dengan lambat setelah keluar dari Astral Form.
- Perbaikan gelombang KAY/O’s NULL’/cmd dari menghancurkan kaca di Ascent.
Competitive
- Perbaikan bug di mana Leaderboard akan loading selamanya ketika mencari pemain yang spesifik
- Fitur Esports
- Untuk Coach, layar loading seharusnya sudah bisa menampilkan semua informasi dari pemilihan Agent dengan benar (komposisi Agent dari dua tim, dll)
- Memperbaiki isu di mana moderator pengamat tidak bisa melihat opsi pause match timer ketika pemain putus dari koneksi kemudian terhubung kembali ketika sedang dalam pertandingan.