Pertumbuhan Facebook Gaming kalahkan Twitch di 2019
Pada 2019 ini, Twitch harus kalah dari tiga lawan utama mereka yakni YouTube Gaming, Facebook Gaming, dan Mixer dalam pangsa pasar gaming.
Perang layanan streaming di 2019 bisa dibilang cukup panas. Sepanjang 2019, ada beberapa layanan yang mengambil bintang streaming dari satu platform untuk menaikkan pamor mereka. Lantas, bagaimana dengan lanskap dari peperangan layanan streaming pada 2019?
Belakangan ini, StreamElements dan Arsenal GG mengumumkan hasil pemetaan mereka. Seperti diketahui, aplikasi tersebut menyediakan alat perangkat lunak (produksi video, monetisasi, pemasaran, dll) untuk streamer. Arsenal GG juga menyediakan analisis data dan menawarkan operator saluran statistik gratis.
Seperti diketahui, Twitch telah lama hadir sebagai raja streaming video gim online. Amazon mendapatkan platform streaming Twitch dengan hanya di bawah satu miliar dolar pada tahun 2014. Dengan ledakan e-sports dan streaming video gim sejak saat itu, platform ini terbukti sebagai salah satu gebrakan paling cerdas dari Jeff Bezos - pendiri Amazon.
Tapi menurut data terbaru, Facebook Gaming, YouTube Gaming, dan Mixer yang merupakan tiga pesaing utama Twitch, dikabarkan mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Sebaliknya, Twitch malah mulai kehilangan pemirsa.
Seperti dapat Anda lihat, data tersebut menyatakan saat ini pangsa pasar Twitch turun dari 67,1% menjadi 61%. YouTube Gaming berhasil meningkatkan pangsa pasar dari 27,5% ke 27,9%, yang terbilang peningkatan sangat sedikit.
Strategi Mixer membawa Ninja dari Twitch pun memperlihatkan hasil yang sangat baik. Mereka berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka dari 2,0% ke 2,6%. Yah, setidaknya lebih baik dari pada YouTube Gaming.
Namun, kisah hari ini sebenarnya tentang Facebook Gaming. Mereka dapat meningkatkan pangsa pasar mereka dari 3,1% menjadi 8,5%. Jika dipesentasekan, Wccftech (13/1/2020) melaporkan bahwa kenaikan ini mencapai 210% dalam hal total pangsa pasar.
Meski begitu, ada beberapa catatan penting dari laporan yang dikeluarkan oleh StreamElement. Pertama, hasil peningkatan pangsa pasar Mixer dapat dilihat sebagai kegagalan, jika melihat mereka bakar uang dengan merekrut N1nja dan Shroud. Dengan talenta bertabur bintang, keuntungan 0,6% dari pangsa pasar streaming sangat buruk.
Sedangkan peningkatan absolut 5,4% dalam pangsa pasar gaming, merupakan kemenangan besar untuk Facebook Gaming. Menurut analitik Arsenal GG, “Pangsa pasar Facebook Gaming meningkat dengan meningkatnya minat terhadap streamer yang ada, streamer baru yang mengumpulkan banyak pemirsa, dan streamer menyiarkan secara signifikan lebih sering.”
Beralih ke masa tontonan per jam yang juga dilaporkan terus meningkat. Twitch sebenarnya memiliki lebih banyak penonton per jam di 2019 dibandingkan 2018, meskipun kehilangan 7% pangsa pasar ke yang lain.
Selain itu, jumlah total waktu tonton di semua platform meningkat drastis. Di 2018 tercatat ada 1,066 miliar jam waktu tonton, di 2019 meningkat menjadi 1,194 miliar jam. Tentu saja, kita sedang melihat era baru menonton konten melalui layanan streaming.