PlayStation 5 tak gunakan chipset AMD untuk Ray Tracing
Dikabarkan, Sony tidak akan menggunakan chipset dari AMD untuk menghadirkan teknologi Ray Tracing di PlayStation 5.
PlayStation 5 dan Xbox Series X dikabarkan akan ditenagai oleh komponen milik AMD. Mereka akan menggunakan prosesor dan GPU custom milik AMD untuk menjalankan konsol gaming generasi selanjutnya.
Ada beberapa bocoran bahwa kedua konsol tersebut akan mendapatkan teknologi Ray Tracing level di dalamnya. Namun, belakangan ini dikabarkan bahwa bukan AMD yang akan menyediakan teknologi tersebut, namun dari perusahaan lain.
Komachi Ensaka, seorang pembocor terkenal baru-baru ini memposting beberapa temuan baru untuk chip dengan nama sandi Sparkman, Arden, Oberon, dan Ariel. Dua yang pertama dikabarkan terkait dengan Xbox Series X, sedangkan dua lainnya dikabarkan terkait dengan PlayStation 5.
Temuan baru ini sangat menarik karena Sparkman dan Arden memiliki dukungan teknologi ray tracing dan tingkat variabel yang disebutkan, sedangkan Oberon dan Ariel tidak. Jika mereka memang terkait dengan konsol PlayStation 5, ini berarti bahwa Sony tidak akan menggunakan teknologi AMD untuk tracing ray dan shading variabel.
Wccftech (30/12/2019) melaporkan, saat ini kinerja PS5 dikabarkan lebih baik dari pesaingnya. Hal ini kemungkinan besar benar adanya, karena beberapa generasi sebelumnya, konsol PlayStation sedikit lebih baik dari Xbox karena perangkat lunak yang lebih matang.
Meski demikian, Microsoft akan menutup kelemahan ini dikarenakan perangkat lunak memang keahlian dasar Microsoft. Mereka kemungkinan akan mendahului Sony dalam pengembangan DirectX yang lebih maju, yang memungkinkan game untuk berjalan lebih baik di perangkat mereka.
Seperti diketahui, baik PlayStation 5 dan Xbox Series S akan diluncurkan tahun depan di seluruh dunia. Sayang, hingga saat ini masih belum ada pernyataan resmi baik dari Sony dan Microsoft terkait dengan perangkat keras apa yang akan mereka gunakan di konsol mereka masing-masing.