Samsung Customer Service kini terapkan prosedur new normal
Memasuki era new normal, Samsung kini hadirkan Samsung Customer Service untuk melayani para konsumennya.
Memasuki masa new normal, Samsung sudah bersiap agar konsumen Samsung dapat menjalankan rutinitas baru yang lebih nyaman dengan dukungan smartphone dan perangkat elektronik dalam kondisi prima. "Samsung Smart Service" kembali dihadirkan agar konsumen dapat langsung bertatap muka dan konsultasi lebih detail tentang produk Samsung, yang dapat ditemui di 40 kota di lebih dari 152 lokasi Samsung Experience Store ataupun Samsung Super Store.
Sementara untuk penanganan yang lebih detail dan perbaikan, konsumen dapat mengunjungi "Samsung Service Center" yang telah hadir di 96 kota yang tersebar di lebih dari 157 lokasi di Indonesia dengan komitmennya memberikan pelayanan one-hour service untuk smartphone dan one-day service untuk elektronik, sehingga konsumen dapat kembali beraktivitas tanpa kendala. Lebih dari itu Samsung juga tetap menghadirkan "Contact Center 24 Jam" dan "Remote Support" bagi konsumen di seluruh Indonesia yang tidak dapat mengunjungi pusat-pusat layanan. Dan bagi pengguna aplikasi Samsung Members, layanan tersebut dapat diakses melalui fitur Get Help.
Diketahui layanan tatap muka "Samsung Service Center" akan dihadirkan dengan prosedur yang disesuaikan untuk kenyamanan konsumen. Seperti pengecekan temperatur pengunjung, penggunaan face shield oleh customer service agent yang melayani konsumen, kaca pembatas antara agent dan konsumen, pengaturan area tunggu agar terjaga jarak aman antar konsumen, dan pembersihan berkala dengan disinfektan.
Bukan hanya itu, Samsung juga ingin memberikan privilege kepada para tenaga medis yang telah berjasa dalam masa pandemi ini dengan memberikan kemudahan yaitu potongan 50% untuk biaya perbaikan smartphone bagi seluruh tenaga medis yang berada di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makasar. Periode diskon akan berlangsung pada tanggal 19-23 Juni 2020.
“Memasuki masa new normal, di tengah anjuran untuk tetap menjaga jarak aman, kami memahami kebutuhan konsumen akan smartphone dan peralatan elektronik yang dapat diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Kami kembali membuka seluruh layanan Samsung Customer Service, baik layanan tatap muka maupun digital, sambil menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kesehatan konsumen dan juga karyawan adalah prioritas utama kami, sebagaimana kami juga memastikan kinerja produk-produk Samsung yang selalu prima. Dan sebagai ungkapan terima kasih Samsung kepada tenaga kesehatan yang terus berjuang di tengah pandemi, kami berikan diskon khusus agar smartphone mereka terus prima dan aktivitas sehari-hari tetap dapat berjalan lancar. Dengan komitmen kami untuk menghadirkan one-hour service, konsumen dapat segera kembali beraktivitas tanpa kendala, nyaman kapan saja,” kata Head of Customer Experience, Samsung Electronics Indonesia, Praryadi Slamet.
Diketahui layanan "Smart Service" berguna untuk mengoptimalkan kinerja smartphone, termasuk konsultasi produk, upgrade software, transfer data, dan panduan pemakaian produk. Semua jenis layanan ini bebas biaya khusus di Samsung Customer Service di Samsung Experience Store. Sedangkan layanan "Service Center" berguna untuk perbaikan smartphone dan produk elektronik, termasuk penggantian suku cadang, baik dalam masa garansi maupun sudah lewat masa garansi.
Demi kenyamanan konsumen Samsung juga menyediakan layanan "Galaxy Sanitizing Service" bagi setiap smartphone yang diperbaiki lewat servis langsung di Samsung Service Center. Smartphone akan disanitasi dengan sinar UV-C yang aman bagi perangkat untuk membersihkan bakteri, kuman, dan virus. Layanan ini disediakan bebas biaya di 12 kota di Indonesia, yaitu: Cirebon, Bandung, Yogya, Semarang, Banjarmasin, Surabaya, JaTaBek, Manado, Palembang, Denpasar, Medan, Padang.
Konsumen juga dapat menjangkau Samsung Contact Center melalui berbagai cara. Bagi mereka yang ingin berbicara langsung, Samsung menyediakan layanan telepon bebas pulsa di 0800 112 8888. Jika tidak sempat menelepon, tersedia chat melalui Whatsapp di 0818 021 55777. Konsumen juga dapat berkonsultasi, menanyakan promo produk, menjadwalkan kunjungan teknisi produk elektronik, ataupun meminta pemeriksaan produk jarak jauh.
Untuk pemeriksaan produk secara langsung, tanpa perlu mengunjungi service center, Samsung turut menyediakan layanan digital "Remote Support". Layanan digital ini memungkinkan pengecekan perangkat Samsung konsumen dari jarak jauh secara real time . Hanya melalui aplikasi atau web service, permintaan layanan ini akan langsung terhubung dengan Samsung Contact Center 24 jam setiap hari.
Diketahui pada layanan Remote Support tersedia tiga pilihan layanan sesuai dengan tipe produk, yakni "Smart Tutor" untuk smartphone yang dapat diakses melalui aplikasi Smart Tutor for Samsung Mobile dan Samsung Members. Melalui aplikasi ini, tim Samsung akan memberikan layanan jarak jauh seperti pemeriksaan software dan mengatur ulang setting agar kinerja smartphone tetap optimal. Kerahasiaan dan privasi dokumen pribadi konsumen pun tetap aman karena semua pengecekan oleh tim Samsung akan dilakukan setelah mendapatkan ijin langsung dari konsumen.
Kemudian terdapat "Remote Management" untuk Smart TV yang diakses melalui TV dengan panduan tim Samsung. Layanan jarak jauh yang diberikan antara lain pemeriksaan dan update software, pemeriksaan aplikasi, setting dan menu Smart TV konsumen. Selanjutnya terdapat "Visual Support" untuk peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, vacuum cleaner, air purifier atau AC. Melalui layanan ini konsumen akan dipandu untuk masuk ke webpage https://samsung.startsupport.com dan tim Samsung dapat melihat langsung kondisi produk melalui kamera Samsung Galaxy konsumen. Tim Samsung kemudian akan memandu konsumen untuk melakukan pengecekan dan perbaikan, juga memberi panduan perbaikan mandiri di rumah, atau jika masih belum berhasil dapat langsung menjadwalkan kunjungan teknisi.