Samsung jadi produsen tablet kedua terbesar setelah Apple
Menurut laporan terbaru dari firma riset pasar Canalys, Samsung saat ini menempati posisi kedua di pasar tablet Amerika Serikat.
Menurut laporan terbaru dari firma riset pasar Canalys, Samsung saat ini menempati posisi kedua di pasar tablet Amerika Serikat. Dilansir dari Gizmochina (2/7), Samsung menjual 1,8 juta Galaxy Tab pada kuartal pertama tahun ini, yang dilaporkan menguasai 18,5% pasar.
Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, perusahaan asal Korea Selatan tersebut mengalami kemajuan. Pada tahun sebelumnya, perusahaan menjual 1,75 juta tablet dan menguasai pangsa pasar 16,3%.
Pada kuartal sebelumnya, Samsung merilis beberapa tablet ke pasaran seperti Galaxy Tab A9/A9+, Galaxy Tab S9 FE, dan Galaxy Tab S9 FE+. Perusahaan ini juga menawarkan Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9 +, dan Galaxy Tab S9 Ultra dengan layar OLED dan performa flagship bagi pengguna yang mengejar pengalaman tingkat atas.
Terlihat dari data pengiriman, Apple masih menjadi nomor satu di Amerika Serikat, dengan 4,92 juta iPad terjual pada kuartal pertama. Yang mengejutkan, perusahaan ini menguasai pangsa pasar lebih dari 50% di AS.
Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu juga mencapai sedikit pertumbuhan dalam pangsa pasar iPad pada Q1 2024 dibandingkan dengan Q1 2023. Namun, hanya Samsung yang berhasil mempertahankan pertumbuhan tahunan yang positif.
Dibandingkan kuartal pertama tahun lalu, penjualan Apple iPad turun 8,8%, terjual 5,4 juta unit. Dengan diluncurkannya seri iPad Pro baru, pangsa pasar Apple diperkirakan akan pulih. Berbicara tentang Samsung, kemungkinan besar mereka tidak akan meluncurkan tablet kelas atas baru tahun ini.
Perusahaan tersebut biasanya menambahkan produk baru dalam seri tersebut setiap satu setengah tahun. Samsung merilis Galaxy Tab S9 pada Juli tahun lalu. Jadi kita bisa berharap untuk melihat seri Galaxy Tab S10 pada awal tahun 2025.