Telkomsel gandeng Microsoft untuk tingkatkan kepuasan pelanggan dengan AI
Melalui MoU yang dilaksanakan di MWC 2023, Telkomsel dan Microsoft gunakan AI untuk tingkatkan kepuasan pelanggan dan akselerasi industri telko.
Telkomsel dan Microsoft umumkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) demi memajukan pelayanan bagi pelanggan. Kerjasama ini akan mengintegrasi Microsoft Azure Artificial Intelligence (AI) ke dalam platform marketing Telkomsel.
Integrasi tersebut dibahas lebih lanjut di Barcelona pada Mobile World Congress 2023. MoU ini juga menandai keberlanjutan peta jalan transformasi digital Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia serta terus berinovasi serta mengimplementasikan teknologi terkini yang akan mengakselerasi industri dan bangsa.
"Teknologi AI saat ini telah berkembang pesat, di mana mampu mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai industri. Dengan kolaborasi bersama Microsoft, Telkomsel bertujuan untuk meningkatkan customer engagement dan kepuasan pelanggan melalui integrasi platform marketing Telkomsel dengan Microsoft Azure AI untuk dapat menganalisis data insight, sehingga dapat menghadirkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan,” ujar Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng.
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Microsoft untuk mengeksplorasi peluang-peluang baru dalam meningkatkan platform marketing Telkomsel. Melalui kolaborasi ini, kami dapat memberikan pengalaman yang lebih personal, efisien, dan terbaik bagi pelanggan dalam menikmati berbagai aktivitas gaya hidup digitalnya."
Di sisi lain, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir mengatakan bahwa hubungan dengan Telkomsel untuk mengakselerasi dan meningkatkan transformasi digital di Indonesia sesuai dengan apa yang mereka lakukan selama ini.
“Kerjasama ini sejalan dengan misi kami untuk memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi di planet ini untuk mencapai lebih, kami berharap dapat membawa dampak yang semakin besar bagi Indonesia, seluruh individu, berbagai industri, dan segenap masyarakat,” ujar Dharma.
Melalui integrasi ini, Telkomsel akan berkolaborasi dengan Microsoft untuk bersama-sama menentukan proses end-to-end dalam meningkatkan dan mengembangkan platform marketing Telkomsel dengan menggabungkan Natural Language Processing yang dapat menganalisis data serta menghasilkan insight yang membantu mengoptimalkan strategi bisnis secara efektif.
Telkomsel akan menggunakan algoritma machine learning Azure AI untuk menganalisis data insight, natural language processing untuk bisa memahami interaksi dan sentimen pelanggan lebih baik, dan analitik prediktif untuk mengantisipasi perilaku di masa depan.
Teknologi ini akan memungkinkan Telkomsel untuk menciptakan produk maupun layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan.
"Telkomsel berkomitmen untuk menerapkan teknologi terkini dalam menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Telkomsel akan terus melakukan eksplorasi, uji coba, dan pengembangan inovasi teknologi terkini untuk menghadirkan layanan digital serta pengalaman terbaik melalui solusi layanan yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan," pungkas Derrick.