Twitter dan 4 bank di Indonesia gelar edukasi keamanan data
Bertepatan dengan momen Hari Pelanggan Nasional, program kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu hadir sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia.
Isu keamanan tak hanya menjadi perhatian di dunia teknologi. Isu yang sama juga tengah difokuskan oleh perbankan yang kini menerapkan berbagai teknologi pada layanannya. Untuk itu, berbagai bank di Indonesia bekerja sama mengedukasi keamanan digital bagi nasabah demi terwujudnya keamanan bersama. Sebab, demi mewujudkan ekosistem digital dan perbankan yang aman, diperlukan upaya kolaboratif antara penyedia layanan dan penggunanya.
Bertepatan dengan momen Hari Pelanggan Nasional, program kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu hadir sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia. Kampanye ini berisi rangkaian kegiatan edukasi keamanan oleh Jenius dari Bank BTPN, blu by BCA Digital, BCA, BNI, dan Twitter Indonesia. Program ini terinspirasi dari Bank Indonesia sebagai pencetus pesan keamanan bagi masyarakat Indonesia agar semakin waspada dari berbagai modus penipuan yang terjadi.
“Sesuai dengan semangat Jenius untuk terus berkokreasi dan berkolaborasi, tentunya edukasi keamanan melalui kegiatan #DatamuRahasiamu akan semakin maksimal jika dapat dilakukan bersama demi terwujudnya ekosistem perbankan yang aman. Untuk itu, kami mendukung penuh kegiatan #DatamuRahasiamu dan terus menambah keamanan di Jenius. Agar pemahaman masyarakat mengenai keamanan semakin optimal, Jenius memperkenalkan laman www.jenius.com/pages/jeniusaman yang berisikan informasi keamanan digital terkini,” kata Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN.
Hal senada juga disampaikan oleh Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication BCA Digital, “Kolaborasi ini melibatkan stakeholders dari berbagai pihak untuk edukasi keamanan yang komprehensif dan impactful. Bersama-sama, kami akan melakukan pendekatan komunikasi yang variatif dan relevan untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya, karena keamanan selalu merupakan isu dua sisi. Dari sisi institusi harus punya sistem dan mekanisme yang teruji keamanannya, sedangkan dari sisi customer juga harus selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi finansial. Penting bagi masyarakat modern untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan teknologi agar tidak memberi celah untuk oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujar Duardi.
Lebih lanjut, keamanan digital ini juga menjadi perhatian utama dari Twitter Indonesia sebagai penyedia layanan digital bagi masyarakat Indonesia. Twitter berkomitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih mengerti mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan data, terutama ketika sedang berada di ranah digital.
Modus kejahatan digital sendiri dinilai akan terus berkembang, namun risiko kerugian dapat diminimalkan dengan penambahan keamanan dari penyedia layanan dan peningkatan kesadaran pengguna layanan untuk terus melindungi informasi rahasia dan pribadi miliknya. Kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini merupakan awal dari kegiatan edukasi keamanan yang akan dilakukan secara berkelanjutan.
Program kolaborasi lintas institusi dan sektoral ini secara simbolis juga ditandai dengan penggunaan logo kampanye edukasi #DatamuRahasiamu. Ke depannya akan ada serangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan oleh masing-masing bank dan institusi yang bergabung dalam kampanye ini, serta kegiatan bersama.