YouTube Shorts capai 1,5 miliar pengguna aktif
YouTube Shorts, platform YouTube yang mengunggah video berdurasi singkat, kini telah mencapai 1,5 milliar pengguna bulanan.
Sejak pertama kali diluncurkan dua tahun yang lalu, platform menonton video berdurasi pendek YouTube Shorts kini semakin populer. Kabarnya, kini platform tersebut tercatat telah ditonton lebih dari 1,5 miliar pengguna.
Dikutip dari The Verge (17/6), YouTube Shorts pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 untuk menyaingi platform media sosial TikTok. Sejak itu, Shorts secara bertahap mampu menarik perhatian banyak pengguna di seluruh dunia.
Meski baru diluncurkan dua tahun yang lalu, perlahan tapi pasti platform garapan YouTube ini berhasil menyaingi jumlah pengguna bulanan pada TikTok. Sebagaimana diketahui, TikTok telah mengumumkan jumlah pengguna aktif bulan yang mencapai 1 milliar pada September 2021.
Diprediksi, pengguna aktif bulanan pada platform media sosial tersebut kini juga mencapai angka 1,5 milliar. Jumlah ini sama dengan perolehan penonton bulanan YouTube Shorts, sebagaimana telah diumumkan oleh pihak YouTube.
Tampaknya format video pendek yang terdapat pada YouTube Shorts ini mampu mendongkrak popularitas dari penonton video panjang di YouTube. Ini terlihat dari banyaknya kreator pada kanal YouTube yang mengalami peningkatan jumlah penonton dan waktu tonton yang signifikan setelah mengunggah klip pendek pada YouTube Shorts.
Lebih lanjut, fenomena inilah yang kemudian digunakan oleh YouTuber untuk meningkatkan dan mempromosikan kembali konten yang telah mereka buat. Lewat Shorts, pengguna bisa mengajak penonton pindah untuk menonton keseluruhan video dalam durasi yang lebih panjang.
Di sisi lain, ketika YouTube menghadirkan platform yang dapat mengunggah video pendek, aplikasi TikTok justru menambah durasi video mereka menjadi lebih panjang. Sebelumnya, pengguna hanya dapat menggunggah video dengan durasi maksimal 3 menit pada platform tersebut.
Meski demikian, TikTok menggunakan video yang lebih panjang untuk menarik pengguna melihat konten video pendek pada platform mereka. Sedangkan Shorts dihadirkan YouTube untuk memikat penonton agar beralih ke video berdurasi panjang.
Lewat perolehan penonton aktif pada Shorts, YouTube sepertinya serius menggunakan fitur ini sebagai umpan dari video berdurasi panjang di platform mereka. Hingga kini, keberadaan fitur tersebut diprediksi membantu perkembangan dari perusahaan.